7 Penyebab Umum Nyeri Perut Kiri Bawah

7 Penyebab Umum Nyeri Perut Kiri Bawah - Perut atau sakit perut di bagian kiri bawah perut biasanya berhubungan dengan masalah saluran pencernaan. Selain itu, rasa sakit di sisi kiri perut juga dimanifestasikan karena masalah dengan organ reproduksi, saluran kemih, masalah kulit, pembuluh darah atau dinding tubuh. Hal ini menyebabkan sensitivitas nyeri, ketidaknyamanan yang intens, dan kekakuan di bagian perut kiri bawah.
Penyebab Umum Nyeri Perut Kiri Bawah

Penyebab nyeri perut kiri bawah

Beberapa organ yang terletak di perut kiri bawah merupakan kelanjutan dari mereka di perut bagian atas, dan beberapa sangat berbeda. Di sini Anda dapat menemukan ujung bawah ginjal kiri, ureter kiri, bagian dari usus besar, kolon sigmoid dan bagian dari kandung kemih, pembuluh darah besar, dan saraf. Dan pada wanita, tuba fallopii kiri dan ovarium. Selain menyebabkan rasa sakit di perut kiri atas, beberapa penyebab (kanker usus, pembesaran aorta perut, keracunan makanan, infeksi atau batu ginjal, gas yang terperangkap, dll.) Mungkin menjadi penyebab nyeri di perut bagian bawah kiri.

Diverticulosis
Diverticulosis menyebabkan nyeri yang meluas yang secara bertahap meningkat dan kemudian melokalisasi di perut kiri bawah. Terkadang disertai dengan demam, kembung, dan perubahan pada tampilan feses. Jumlah kotoran berkurang dan itu lebih jarang. Dalam beberapa kasus, mungkin berkaitan dengan perforasi usus besar dengan peritonitis (peradangan peritoneum);

Gejala:
Sebagian besar orang tidak memiliki gejala. Oleh karena itu, dimungkinkan untuk mengalami diverticulosis selama bertahun-tahun sebelum terdeteksi. Dengan waktu itu bisa terjadi infeksi dan peradangan. Ini terjadi dalam dua puluh persen kasus. Gejala-gejala infeksi ini bisa sangat parah. Nyeri perut - terutama di sisi kiri di bawah, demam, perut kembung, diare atau konstipasi, nafsu makan yang buruk dan kadang-kadang muntah. Mayoritas orang hanya setelah peradangan menemukan dari dokter bahwa mereka memiliki diverticulosis. Diverticulosis bisa menyakitkan tanpa peradangan dalam kasus yang jarang terjadi ketika orang di sebelah penyakit ini memiliki usus yang mudah tersinggung. Gejala termasuk diare dan kram, tanpa tanda-tanda demam.

Sumbatan usus
Obstruksi usus terjadi ketika usus diblokir sebagian atau seluruhnya. Oleh karena itu proses pencernaan tidak dapat dilanjutkan sampai selesai. Obstruksi usus berasal dari banyak faktor. Penyebab paling umum adalah inkarserasi (strangulasi), hernia, sembelit atau jaringan usus, yang merupakan hasil dari infeksi sebelumnya atau pembedahan di rongga perut. Namun, lewatnya makanan melalui usus juga dapat mengganggu neoplasma seperti kanker usus besar atau karsinoid. Kadang-kadang bagian dari usus yang sehat dapat berputar atau miring (ini disebut Volvulus ). Dalam kasus yang jarang terjadi, penyebab obstruksi usus adalah penyumbatan parsial atau lengkap karena benda yang tidak dapat dicerna, misalnya koin atau kunci, yang secara tidak sengaja tertelan oleh pasien.

Sembelit
Sembelit atau usus loyo, masalah dengan banyak istilah yang menimpa banyak orang. Menurut statistik, sekitar setiap sepuluh orang memiliki masalah dengan buang air besar yang tidak teratur. Penting untuk menyembuhkan konstipasi. Bukan hanya karena rasa sakit yang mengganggu yang menghasilkan di perut kiri bawah tetapi karena alasan bahwa produk limbah di tubuh harus dipertahankan sesingkat mungkin. Untungnya, ada banyak cara untuk menyembuhkan sembelit. Sembelit bisa terjadi akibat mengonsumsi opiat (morfin dan kodein), atau obat-obatan tertentu, kebiasaan buruk dalam hal gizi, seperti asupan serat makanan yang tidak mencukupi, atau hidrasi yang tidak adekuat.

Penyakit Kronis

Ini adalah penyakit radang usus kecil. Gejala penyakit ini adalah diare kronis, yang hampir selalu mengikuti usus yang sangat gugup, nyeri dan kesulitan penyerapan nutrisi. Terapi untuk penyakit Crohn: diagnosis harus ditetapkan oleh spesialis gastroenterologis. Itu karena ada risiko penyakit parah seperti kanker usus besar. Selama episode akut, perkenalkan makanan cair ringan secara eksklusif. Ini akan membantu Anda menenangkan iritasi usus besar.

Kista dan tumor ginjal
Kista dan tumor adalah salah satu penyebab rasa sakit di perut bagian bawah kiri. Mereka tidak menyebabkan rasa sakit kecuali mereka lebih besar dari 4-5 cm. Telah diketahui bahwa kista dan tumor ginjal, yang biasanya ganas, secara tidak sengaja terungkap selama scan ultrasound pada rongga perut.

Nyeri ginekolog perut kiri bawah

Nyeri akut ini sering terlokalisasi di perut bagian bawah, di tengah atau di sisi kiri atau kanan;

Biasanya disertai dengan pembengkakan payudara dan melewatkan periode menstruasi, mual dan muntah dalam kasus kehamilan ektopik ( kehamilan ektopik ).

Infeksi saluran kemih
Rasa sakit secara bertahap meningkat dari pusat perut bagian bawah. Para dokter semakin menentukan penyakit saluran kemih pada pasien yang mengeluh sakit di daerah perut kiri bawah. Ini bermanifestasi sebagai sensasi terbakar saat buang air kecil. Kebutuhan untuk sering buang air kecil, bahkan di malam hari; urin keruh dengan bau tertentu. Terkadang infeksi saluran kencing disertai sakit punggung, demam, dan darah di urin.

Bagaimana mengobati nyeri perut kiri bagian bawah?

Carilah bantuan medis profesional
Nyeri perut di daerah kiri bawah dapat menjadi hasil dari kondisi medis akut. Jika orang tersebut tidak dapat melakukan gerakan usus biasanya mengeluarkan darah melalui muntahan dan feses, memiliki perut yang kaku, mengalami rasa sakit yang tajam tiba-tiba mengalami perdarahan vagina yang abnormal, harus mencari bantuan medis segera. Gejala kandung kemih, penurunan nafsu makan dan demam adalah tanda-tanda yang juga harus Anda perhatikan secara khusus.

Buat beberapa perubahan pola makan
Beberapa kondisi yang menyebabkan nyeri akut di perut bagian bawah kiri adalah akibat kebiasaan makan yang buruk. Agar lebih sehat dalam segala hal, disarankan untuk beralih ke diet seimbang. Pastikan Anda mendapat cukup air setiap hari, karena ini akan mencegah masalah seperti akumulasi gas di perut dan sembelit. Selain itu, amati dengan teliti makanan apa saja yang menyebabkan iritasi lambung dan selalu berusaha menghindarinya.

Cobalah beberapa perubahan dalam gaya hidup
Latihan tubuh tertentu seperti menari perut dan beberapa latihan yoga dapat banyak membantu Anda untuk mengendurkan otot-otot perut dan dengan demikian menghindari sakit perut.


Kesimpulan: Informasi yang disediakan di situs ini dimaksudkan hanya untuk pengetahuan umum Anda dan bukan pengganti nasihat medis profesional atau perawatan untuk kondisi medis tertentu. Silakan berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan Anda jika ada pertanyaan atau kekhawatiran yang mungkin Anda miliki tentang kondisi Anda.

0 comments